Sistem Cloud Computing Pada Aplikasi Perkantoran


Pengertian Cloud Computing

Cloud computing atau sering disebut dengan komputasi awan adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) di dalam sebuah/suatu jaringan yang pengembangannya berbasis internet atau awan yang memiliki fungsi untuk menjalankan suatu program atau aplikasi dengan menggunakan komputer yang memiliki koneksi dengan internet (online) pada waktu yang bersamaan/sama. Tetapi, tidak semua komputer yang terkoneksi melalui internet bisa memakai cloud computing.


Teknologi komputer yang menggunakan sistem Cloud ini adalah sebuah teknologi yang bisa menjadikan internet menjadi server pusat untuk mengolah/mengelola data serta untuk aplikasi pengguna. Teknologi dengan sistem cloud ini mengizinkan para user/pengguna untuk mengoperasikan aplikasi/program ini tanpa instalasi program dan membolehkan pemakai untuk mengakses data pribadi atau data personal mereka dengan menggunakan komputer terkoneksi dengan internet.

Manfaat dari sistem Cloud Computing ini yaitu:
-          Semua data yang ada tersimpan pada sebuah server pusat.
-          Data yang disimpan lebih aman (keamanan data).
-          Memiliki fleksibilitas dan stabilitas yang tinggi.
-          Ivestasi  dalam waktu yang lama (jangka panjang).

Aplikasi Perkantoran Berbasis Cloud

Sistem cloud computing yang terdapat pada aplikasi perkantoran (aplikasi perkantoran berbasis cloud) memungkinkan komputer kita untuk bekerja (kolaborasi) secara online dengan fitur yang dimiliki oleh sistem ini seperti layanan untuk rapat secara online, penyimpanan data  online, pembuatan dokumen, dan lain-lain. Beberapa contoh dari aplikasi yang menggunakan sistem cloud ini seperti Google Apps, Office 365, Zoho, dan lain-lain.

Google Apps

Gambar Google Apps

Google Apps ini terdiri dari beberapa (sekumpulan) program/aplikasi yang menggunakan sistem cloud atau berbasis cloud dengan bagian utama seperti Google Apps Email, Drive, Sites, Vault (pengarsipan), Kalender, dan Docs. Sekarang Google Apss memiliki tiga buah paket pilihan sebagai berikut:
1.      Google Apss Free, aplikasi ini dapat digunakan dengan gratis atau secara cuma-Cuma. Paket ini ditujukan untuk penggunaan pribadi/personal atau kelompok, dimana masing-masing/setiap pengguna akan mendapatkan penyimpanan email dengan kapasitas sebesar 10 Gigabyte. Tetapi pengguna (kelompok) dalam paket ini dibatasi maksimal 10 pengguna/user.
2.      Google Apps For Business, pada paket ini masing-masing pengguna akan mendapatkan kapasitas penyimpanan email sebesar 25 Gigabyte dan jumlah pengguna dalam paket ini tidak dibatasi, waktu operasional terjamin 99,9%, perangkat seluler yang terkelola, penonaktifan iklan,dukungan yang diberikan 24 jam. Tetapi paket ini harus bayar (berbayar) sebesar 5 USD per bulan untuk setiap pengguna dengan waktu uji coba gratisnya (masa trial) selama 30 hari.
3.      Google Apps For Business dengan vault, paket ini memiliki fitur yang hampir mirip dengan paket Google Apps For Business tetapi mempunyai keunggulan dalam kebijakan retensi dan pengarsipan email. Untuk bisa memakai paket ini pengguna harus membayar sebesar 10 USD per bulan.

Office 365

Gambar Office 365

Aplikasi/program ini adalah kumpulan beberapa program atau aplikasi Office berbasis cloud, sehingga membuat pemakai bisa mengakses program ini kapan saja dan dimana saja. Office 365 ini memiliki beberapa layanan utama seperti Office Professional Plus, Exchange Online, Office Web Online, SharePoint Online, dan Lync Online.Office 365 ini juga memberikan paket seperti Midsize Business and Enterprises, Small Business, Government, dan Education. Paket-paket ini memiliki harga yang beragam/bervariasi dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan pemakai.

Zoho

Gambar Zoho

Sperti Office 365 dan Google Apss, Zoho merupakan program/aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi yang menggunakan sistem cloud computing dan dapat diakses oleh pengguna melalui akses yang ada. Zoho memiliki tiga buah kategori utama seperti Collaboration Apps, Business Apss, dan Productivity Apps. Aplikasi/program pada zoho bisa digunakan dengan Cuma-Cuma (gratis) oleh pengguna/pemakai individu (personal). Biaya untuk paket aplikasi perkantoran standar sebesar 3 USD per bulan, sedangkan edisi premiumnya sebesar 5 USD per bulan dan diberikan 15 hari untuk waktu trial atau uji coba gratis.

Sistem Cloud Computing Pada Aplikasi Perkantoran Sistem Cloud Computing Pada Aplikasi Perkantoran Reviewed by Ardiansyahsw on 04.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Events

Diberdayakan oleh Blogger.