Sejarah Perkembangan Microsoft Word dari Generasi ke Generasi


Assalamu’alaikum ....

Apa kabar para blogger selamat datang di blog saya. Kali ini  saya akan berbagi mengenai sejarah perkembangan microsoft word dari generasi ke generasi. Sebelum mengetahui sejarah perkembangan microsoft word mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu microsoft word.

Microsoft Office Word atau yang sering kita sebut Microsoft Word  adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah kata (word processor). Program ini biasanya digunakan untuk kegiatan tulis meulis seperti membuat proposal, surat-menyurat, artikel, brosur ,dan lain-lain. Selain itu kita
juga dapat membuat naskah ilmiah atau teks dengan rumus-rumus matematika, kimia, maupun fisika serta mendesain dokumen dengan variasi tulisan dan gambar yang unik.

           Gambar Icon Microsoft Word 


Sejarah Singkat Microsoft Word

Microsoft Word Pertamakali diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Setelah itu berkembanglah versi-versi lain untuk sistem operasi, seperti  DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 lalu diberi nama Microsoft Office Word.

Pada awalnya perkembangan microsoft word dimulai pada tahun 1981 sampai 1955. Pada tahun 1981 perusahaan microsoft/microsoft corporation menyewa Charles Simonyi, seorang pengembang utama dari Bravo, pertama Simonyi membuat GUI pengolah kata yang dikembangkan di Xerox PARC. Dia mulai bekerja pada program pengolah kata yang disebut Multi-Tool Word, lalu menyewa Richard Brodie (seorang mantan insinyur perangkat lunak utama di Xerox pada saat magang).

Dalam perkembangannya program pengolah kata microsoft word ini telah mengeluarkan berbagai versi, mulai dari versi 1.0.sampai 6.0. untuk versi DOS. Dengan  kemajuan zaman dan tekhnologi, Perusahaan Microsoft/Microsoft Corporation berhasil meluncurkan 12 versi dari Microsoft Word, seperti versi 95, 97, 2000, 2002, 2003, 2007, 2010, 2013, dan lain-lain.


Perkembangan Pada Tahun 1981-1990

Ide dan konsep dari pembuatan word banyak diambil dari Bravos, sebuah program yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) yaitu pengolah kata yang berbasis grafik pertama. Pada tahun 1981, Charles Simonyi, orang yang menciptakan Bravo meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft Corporation. Charles Simonyi juga merekrut Richard Brodie dari PARC dan pengembangan Multi-Tool Word dimulai.pada tanggal 1 Februari 1983.

Pada awal-awal kemunculannya Microsoft Word masih belum populer karena masih kalah bersaing dengan pengolah kata terkemuka pada saat itu yaitu Wordstar dan WordPerfect. Sehingga setelah mendapatkan nama Microsoft Word. Pada tanggal 25 Oktober 1983 Microsoft Corporation menerbitkan program ini untuk IBM PC.

                      Gambar Word for Windows 1.0
 

 Program Microsoft Word khusus untuk Macintosh dibuat oleh Ken Shapiro,meskipun sedikit berbeda dari sumber kode versi DOS yang dirancang untuk digunakan dengan menampilkan layar tampilan beresolusi tinggi dan printer laser. Untuk saat itu program ini belum bisa dimiliki atau beredar untuk masyarakat umum (terbatas), hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya. Setelah MacWrite dan LisaWrite, paket program Word for Macintos ditambahkan dengan konsep fitur What You See Is What You Get (WYSIWYG) oleh Microsoft Corporation.

Pada tahun 1985 Microsoft Corporation merilis Word For Macintosh. Setelah dirilis program ini mendapatkan perhatian yang luas dari masyarakat pengguna komputer. Untuk versi Word 2.0 for Macintos tidak dibuat oleh Microsoft Corporation karena untuk menyamakan versi dengan word sistem atau platform yang lain.

Pada tahun 1987 versi selanjutnya dari Word For Macintos yaitu Word 3.0, sudah mulai dirilis. Program ini memilikibanyak peningkatan dan fitur-fitur yang baru tetapi program ini juga memiliki kekurangan yaitu memiliki banyak bug. Kemudian dalam kurun waktu beberapa bulan Microsoft Corporation mengganti versi Word 3.0 dengan Word 3.01, yang lebih stabil. Pada tahun 1989 Word 4.0 dirilis dan menjadi versi yang paling sukses dan stabil saat digunakan.


Perkembangan Pada Tahun 1990-1999

Word for Windows diluncurkan pada rentang tahun 1990an dan mulai dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dollar Amerika Serikat. Pada tahun selanjutnya dirilislah Microsoft Windows 3.0. Pada tahun 1991 Microsoft Word memanfaatkan popularitas windows dan merilis Word versi 5.5 untuk DOS.






Sejarah Perkembangan Microsoft Word dari Generasi ke Generasi Sejarah Perkembangan Microsoft Word dari Generasi ke Generasi Reviewed by Ardiansyahsw on 08.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Events

Diberdayakan oleh Blogger.